Selamat Datang Di Desa Pulau Limbung Kabupaten Kubu Raya

Artikel

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 15:38:09  Administrator  57 Kali Dibaca 

Tidak diketahui secara pastinya sudah berapa tahun Desa Pulau Limbung dibuka/dirintis. Bahkan sebelum zaman penjajahan Belanda, wilayah desa ini sudah ditempati.

Berdasarkan cerita orang-orang tua, yang pertama kali menempati wilayah Desa Pulau Limbung adalah Panglima Udin yang berasal dari Desa Limbung (saat ini berada di
dekat Bandara Supadio Pontianak) dan juga Dato Kubu. Dato Kubu adalah sebuah gelar dan tidak diketahui secara pasti nama asli beliau.

Beliau sendiri berasal dari Kesultanan Kubu, yaitu kerajaan muslim yang pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Kubu. Keberadaan Dato Kubu di Desa Pulau Limbung dapat dipastikan dari peninggalannya. Ada sebuah makam tua yang terdapat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Dusun Karya Bersama dan diyakini
merupakan makam dari Dato Kubu.

Dalam perkembangannya, Desa Pulau Limbung kemudian dimekarkan menjadi beberapa desa antara lain: Desa Muara Baru, Desa Pulau Jambu, Desa Gunung Tamang. Desa Pulau Limbung baru disahkan sebagai salah satu desa definitif pada tahun 1994.

Secara definitif keberadaan Pulau Limbung sebagai desa administrasi baru diakui pada tahun 1994. Sebelumnya, wilayah Pulau Limbung terbagi dari kampung-kampung dan dipimpin oleh kepala kampung (Penggawe).

Setelah penetapan desa definitif pada tahun 1994, Pemerintahan Desa Pulau Limbung terbentuk dan dipimpin oleh Pak Slamet (Tahun 1994 – 1999), Pak Askah (Tahun 1999 – 2007), Pak Usmandi (Tahun 2007 – 2013), Pak Agus PJ. (Tahun 2013 – 2015), dan Pak Isyanto (Tahun 2016 – 2021) Saat ini Desa Pulau Limbung dipimpin oleh Pak Mujirin (2021-   )

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Siskeudes Kubu Raya
Sikades Kubu Raya
Sistem Informasi Desa Dan Kelurahan
SDGS
Epdes
Kubu Raya

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa